- Pacman
- Igle Pop
- dan, yang lain-lain
Nah, yaudah biar lu nggak penasaran cara bikinnya langsung aja baca langkah – langkahnya yang di bawah ini
- Buka macromedia flash (yang dipakai disini actionscript-nya 2 atau lebih,tapi gua belum coba di action script 1)
- Pertama buat sebuah document baru .
- Atur Stage-nya (Ctrl+J) (untuk sekarang ukurannya 400X400)
- Lalu buat sebuah persegi dangan menggunanakan Rectangle Tool (R) seukuran stage.(400X400)
- Lalu pilih Brush tool (B) ,Warna fill color-nya putih”#000000”
- Lalu pilih ukuran brush-nya seperti yang terdapat di gambar yang ada di bawah.
- Lalu buat lintasan pada stage
- Klik lintasan tadi dengan Selection Tool (V)
- Lalu delete lintasan tadi
- Klik bagian yang warna hitam lalu (Pastikan semua yang bagian yang hitam ter-blok)
- Klik kanan pilih Convert to symbol… atau langsung klik F8
Isi seperti dibawah ini- Name : DindingMC
- Type : Movie Clip
- Regristration : Tengah
- Name : DindingMC
- Lalu aktifkan Properties Bar
- Isi Instance Name-nya dengan nama “dinding”(tanpa tanda kutip)
- Buat sebuah lingkaran dengan Oval Tool (O) taruh di ujung lintasan(yang penting taruhnya di lintasan jangan di bagian yang berwarna hitam dan bentuk nya harus lingkaran sempurna jangan lonjong)
- Lalu klik lingkaran tadi dengan Selection Tool (V)
- Klik kanan pilih Convert to symbol… atau langsung klik F8
Isi seperti dibawah ini- Name : PemainMC
- Type : Movie Clip
- Regristration : Tengah
- Name : PemainMC
- Lalu aktifkan Properties Bar
- Isi Instance Name-nya dengan nama “pemain”(tanpa tanda kutip)
- Lalu isi Action Script-nya (F9)
Copy kode di bawah .//henti'in frame
stop();
//lu buat variabel jari-jarinya
jarijari = (pemain._width/2);
//tentukan kecepatan pemainnya
kecepatan = 5;
// buat sebuah function untuk pemain
pemain.onEnterFrame = function() {
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
this._x -= kecepatan;
}
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
this._x += kecepatan;
}
if (Key.isDown(Key.UP)) {
this._y -= kecepatan;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
this._y += kecepatan;
}
// buat function biar pemain gak jalan melewati dinding
while (dinding.hitTest(this._x, this._y+jarijari, true)) {
this._y--;
}
while (dinding.hitTest(this._x, this._y-jarijari, true)) {
this._y++;
}
while (dinding.hitTest(this._x-jarijari, this._y, true)) {
this._x++;
}
while (dinding.hitTest(this._x+jarijari, this._y, true)) {
this._x--;
}
};
// By: Salviandy D. - Sekarang tinggal Save (Ctrl+S) dan Test Movie(Ctrl+Enter)
Hasilnya bakalan jadi kayak gini